Rabu, 01 April 2009

SMP M 3 Kota Tegal Berantas Buta Huruf Alquran

DI SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal, antara siswa yang masih buta huruf Alquran, siswa yang sudah bisa membaca tetapi masih terbata-bata, atau lancar mambaca tetapi tajwidnya salah, masing-masing dikelompokkan kemudian digembleng secara intensif hingga mereka mampu baca tulis Alquran secara baik dan benar.
“Itu salah satu upaya kami dalam memberantas buta huruf Alquran bagi siswa,” kata Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal, Tarnoto SPd, kepada NP, Selasa (11/12).
Dijelaskan Tarnoto, selain program ibadah muamalah juga ada praktik pelatihan mental dan kemandirian dengan cara membiasakan para siswa secara terjadwal berlatih pidato (kutum) dan membaca kitab secara bergantian masing-masing tiga kali dalam sepekan setiap ba’da Dhuhur.
“Bentuk kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang tidak kalah penting, seperti pencak silat perguruan Tapak Suci Putra Muhammadiyah (TSPM), olah raga, computer, kepanduan Hizbul Wathan (Pramuka) dan seni teater,” rinci Tarnoto yang menjalani amanahnya sebagai Kepala Sekolah belum genap setahun.
Di sekolah yang beralamat di Jalan Asem Tiga Gg V/27B ini tanamkan prinsip ‘Hadir untuk Memacu Prestasi’ terkandung maksud sebagai upaya mewujudkan missi sekolah, sebagai wadah untuk menyetak kader Islam yang unggul, menyintai persaudaraan sesama umat Islam serta, gemar berdakwah sekaligus meningkatkan kualitas SDM.
Prestasi yang pernah diraih di bidang akademik dalam Ujian Nasional tahun ajaran 2006/2007 tingkat kelulusan mencapai 83,33 prosen, naik sekitar 33,3 prosen dari tahun ajaran sebelumnya. Sedangkan prestasi nonakademik dalam Porda 2007 berhasil meraih juara 2 Pencak Silat. Juara I Futsal antar sekolah Muhammadiyah se Kota Tegal 2007. Sedangkan pada Popda 2006 meraih juara I Pencak Silat, juara I Lompat Tinggi, juara II Lari 100 M, dan juara I Balap Sepeda kategori Time Trial dan juara II kategori Road Race (hamidin)

PENDIDIK – Para pendidik SMP M 3 Kota Tegal tampak berbaris saat mengikuti upacara bendera di halaman sekolah. qFoto NP: Hamidin Kz

Tidak ada komentar:

sapaan seksi

sapaan seksi