Rabu, 01 April 2009

MI Al Islamiyah Budayakan Perilaku Islami

SALAH satu upaya untuk mewujudkan manusia beriman yang memiliki kecerdasan dan keterampilan serta akhlak yang mulia, para siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islamiyah Panggung Kota Tegal mengikuti kegiatan pesantren kilat (sanlat) Ramadan yang berlangsung sejak hari Selasa sampai Kamis (2-4/10) di sekolahnya. Adapun materi yang sampaikan oleh para ustadz dan ustadzah meliputi tata cara shalat wajib beserta doa yang dibacanya, tata cara wudhu dan praktiknya, cara bertayamum dan materi yang berkenaan dengan penanaman sikap yang mulia yaitu akhlakul karimah dan kalimat thayibah.
Kepala MI Al Islamiyah Panggung, Bachran, menjelasakan, kegiatan semacam sanlat sebenarnya sebagai satu kesatuan untuk mewujudkan tujuan sekolah. Yakni para siswa mampu memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam perilaku sehari-hari, juga mampu memperoleh prestasi akhir yang memuaskan serta berusaha membudayakan perilaku islami. Kegiatan pesantren diikuti siswa kelas tiga yang menjalankan puasa sampai kelas enam jumlahnya sekitar 85 siswa.
Selain kegiatan pesantren kilat Ramadan, kata Bachran, masih banyak kegiatan ektrakurikuler lain yang diselenggarakan dalam upaya melaksanakan bimbingan secara efektif agar para siswa berkembang optimal sesuai potensi yang dimilikinya. Kegiatan yang dimaksud, terdiri dari hafalan wajib asmaul husna untuk kelas dua, sempoa, komputer, Pramuka dan rebana. Sedangkan tenaga pengajar terdiri dari 10 orang.
Kini sejumlah prestasi yang telah diraih siswa di madrasah yang terletak di jalan KH Muchlas Panggung, Kota Tegal ini, antara lain Juara MTQ tingkat Kota Tegal, Juara MTQ tingkat Karsidenan Pekalongan dan Lomba MIPA mapel IPA dan Matematika tingkat Kota Tegal, bahkan dua lomba di bidang akademik itu dua orang siswa sempat mengikuti kompetisi dalam ajang Olimpiade IPA dan Matematika di tingkat provinsi. Meski belum membuahkan hasil (Hamidin)

Tidak ada komentar:

sapaan seksi

sapaan seksi