Rabu, 01 April 2009

Sanlat SMA N 1 Paguyangan Brebes

PESANTREN kilat (Sanlat) di SMA N 1 Paguyangan Brebes Selatan diikuti Sebanyak 517 orang, terdiri dari rombongan kelas X s.d XII. Sanlat yang diselenggarakan sesuai jam kegiatan belajar itu dilaksanakan selama enam hari. Kegiatan berlangsung sejak Rabu (26/9) s.d Selasa, ( 2/10) Oktober di kelas masing-masing. Hari pertama sampai hari keenam masing-masing, kelas X dua hari, kelas XI dua hari dan kelas XII dua hari. Kegiatan dimulai sebagaimana jam pelajaran biasa, dari jam 07.30 s.d 12.00 wib.
“Sebalum materi dimulai, semua santri (kecuali yang berhalangan Red.) diharuskan bertadarus Al Qur’an secara bersama-sama selama 10 menit. Setelah itu tiga orang mewakili kelasnya secara bergantian menyampaikan kuliah tujuh menit (kultum) di hadapan teman-temannya. Materinya seputar keislaman. Setelah tiga orang menunaikan tugasnya, barulah pemateri menyampaikan materinya,” kata Pembina Osis SMA N 1 Paguyangan, Drs. Sarif kepada NP, Sabtu (29/9) di ruang tamu sekolah.
Materi yang disampaikan meliputi Keimanan, Ibadah, Akhlak, Al Qur’an dan Tarikh Islam. Para pemateri terdiri dari dewan guru sebanyak 30 orang. Menurut Sarif, para guru yang biasa mengajar di kelas X ditugaskan di kelas XI atau sebaliknya. Perubahan formasi itu, dimaksudkan agar peserta sanlat lebih semangat, dan tidak merasa jenuh. “Sedangkan penyajian materi meliputi metode ceramah, diskusi dan tanya jawab,” kata Sarif.
Sanlat ini merupakan program tahunan dari bagian kesiswaan. Tujuannya, kata Sarif, untuk meningkatkan pemahaman terhadap ajaran Islam bagi para siswa, dalam upaya tercapainya tujuan sekolah. Yaitu siswa dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya dengan baik yang ditunjukan dalam perilaku keagamaan keseharian.
Pada kesempatan itu, kata Sarif, selain kegiatan sanlat yang ditangani langsung oleh dewan guru, para pengurus OSIS juga menyelenggarakan kegiatan keislaman berupa peringatan Nuzulul Qur’an pada Sabtu, (29/9) malam. Dalam kegiatan itu, selain diisi dengan ceramah, juga khataman al Qur’an. “Dari 114 surat dalam Al Qur’an dibaca secara bergantian oleh masing-masing kelompok siswa hingga sampai khatam,” kata Sarif menambahkan. nKB 13

CERAMAH – Para peserta Pesantren Kilat (Sanlat) putri tengah mendengarkan penjelasan tentang kegiatan Sanlat dari Pembina OSIS SMA N 1 Paguyangan, Brebes Drs. Syarif, Sabtu (29/9). qFoto NP: Hamidin Krazan

Tidak ada komentar:

sapaan seksi

sapaan seksi