Rabu, 01 April 2009

SMA Alirsyad Siap Ikut LKIR

TEGAL terkenal dengan bandengnya yang nikmat. Apakah kenikmatan rasa ikan itu dipengaruhi oleh asupan makanan plankton, yakni zat renik (hewan/tumbuhan) mikro yang berada di perairan tambak? Jika benar, lantas jenis plankton apa yang populasinya paling banyak?
Inventarisasi Jenis Plankton di Tambak Bandeng. Beberapa tambak yang dijadikan obyek untuk diambil airnya sebagai sample penelitian, Sawo Jajar, Brebes. Muarareja dan Dampyak Tegal Barat.
Siswa yang bertugas terdirid ari tiga orang, yaitu M Afif, Agung Zakaria dan M Erfan masing-masing dari kelas XI –I A-1.
Penelitian kedua tentang Pengaruh Isohemo Aglotinogen (chromosom pembawa golongan darah) terhadap Frekuensi Fenotik Golongan Darah.
Dasar pemikirannya, secara teori, golongan darah A-B lebih banyak populasinya dibanding golongan darah AB- O. Karena A-B punya dua bentuk chromosom. Misalnya golongan darah A dari chromosom Ia + Ia dan Ia + Io dan darah B berasal dari chromosom Ib + Ib dan Ib + Io.
Untuk membuktikan terori tersebut, para siswa yang terdiri dari Rahmat F dari XI – IA 1, Awan Gurun kelas XI-IA 1 dan Ira Titah kelas XI – IA 2, membuat penelitian dengan mengambil sampel dari dari obyek yang ada di sekolah. Tujuannya untuk mengetahui ketersediaan golongand arah tertentu di lingkungan sekolah Alirsyad.

Penelitian lainnya mengenai Pengaruh Merokok Terhadap Frekuensi Denyut Nadi. Dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, ada tidaknya pengaruh asap rokok bagi perokok dan bukan perokok terhadap peningkatan denyut jantung. Para penelitinya Kartika, Wiwi, Novrita, ayu Paramita dari kelas XI IA-2.
Sedangkan Meta, Fella dan Reni dari kelas XI IA-1 tentang Pengaruh Latar Belakang Keluarga Terhadap Prestasi Akademis Anak. Di sini anggota kelompok KIR mendata tentang pekerjaan orang tua, tingkat ekonomi orang tua, tingkat pendidikan, tempat tinggal , urutandalamkeluarga dan aspek lainnya.
Dari semua jenis penelitian ini dibimbing oleh Awan Onasis Ssi.
Hasil dari penelitian yang sudah dibuatd alam bentuk laporan tertulis ini akan diikutkan dalam lomba KIR yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Tegal. Rencanya karya tersebut akan diserahkan sebelum tanggal 5 Desember 2007 (Hamidin)

SAMPLING – Anggota KIR SMA Alirsyad tengah mengambil sample air di tambak bandeng Muara Reja untuk diteliti agar diketahui kandungan jenis plankton yang ada. qFoto NP: Ham/Dok. Awan.

Tidak ada komentar:

sapaan seksi

sapaan seksi