Rabu, 01 April 2009

SDN Mangkukusuman I Miliki Grup Band

Grup band SDN Mangkukusuman (MKK) I Kota Tegal terbentuk sejak tahun 2002. Keberadaan band SD ini merupakan bagian dari banyak jenis kesenian di sekolah yang kini dipimpin Abdul Mu’min SPd.
Jenis kesenian lainnya meliputi, drum band, paduan suara dan rebana. Sebagaiamn grup rebana, para personil band didominasi siswa kelas VI, sehingga setiap tahun berganti orang.
Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi guru pembimbing. Karena dia harus jeli untuk menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dakam memainkan instrumen musik.
“Biasanya sejak kelas empat, kami mulai memantau kemampuan anak melalui hobinya. Bagi anak yang sudah diketahui pandai memainkan salah satu jenis alat musik, dia bisa direkrut untuk bergabung dalam pelatihan yang diselenggarakan di sekola,” kata pelatih band, Saptono Muyono kepada NP, pekan lalu.
Grup band MKK I memiliki 8 personil, masing-masing M Afif Jauhari (gitar), Adin Miftah (bass), Dzaki Alkahfi (Keyboard), Haris- Nafis (drum), Intan, Anggi, Nana (vokal).
Kiat menjaring personil band dengan cara interview, bagi anak yang memiliki hobi main musik tentu lebih mudah disertakan. Karena itu akan mempercepat proses latihan kekompakan. “Jika masing-masing anak sudah punya bekal bermain musik, di sekolah tinggal latihan harmoninya saja. Karena kalau melatih dari dasar setiap jenis alat musik tentu waktunya tidak mencukupi,” ujar Saptono.
Dalam hal ini, latar belakang keluarga, dukungan orang tua dan minat serta bakat anak itu sendiri yang sangat mendukung terwujudnya grup band sekolah ini. Mengenai instrumen memang sudah disediakan dari sekolah.
“Tahun lalu, setiap menjelang liburan semestaer atau dalam acara class meeting ada pertunjukkan band siswa, tetapi sekarang waktu liburan sekolah malah dipakai buat ulangan. Sehingga latihan band hanya untuk mengisi acara perpisahan kelas VI,” papar Saptono, yang juga guru olah raga itu (hamidin)

Tidak ada komentar:

sapaan seksi

sapaan seksi