Jumat, 24 Oktober 2008

Siswa Juara Melukis


Menyendiri Saat Melukis

MELIHAT hasil lukisan siswa kelas lima SD Mangkukusuman 8 Kota Tegal, Alfa Naufal Aida Putra, terlihat ada arsiran untuk menambah detail di beberapa bagian obyek lukisan. Arsiran berupa motif pada sisi-sisi obyek itu menghasilkan gambar lebih hidup. Sedangkan tema gambar yang diangkat Naufak pada lomba Lukis SD Putra Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Asrama Haji Donohudan Surakarta, awal Juli-08, mengangkat tema tentang suasana kehidupan anak yang sedang gotong royong di tengah masyarakat.

“Permainan warna dengan tampilan gelap dan terang menjadi bagian yang dinilai dalam lomba tingkat provinsi,” kata mamanda Naufal, Sri Mulyatiningsih, saat ditemui di rumahnya di Jalan Rambutan Kota Tegal.

Dijelaskan Sri, dengan teknik gelap dan terang justru menambah tampilan lukisan semakin berkarakter. Selain itu, lanjutnya, antara kesesuaian lukisan dengan judul, kreativitas, tekstur dan orisinilitas juga diutamakan.

Naufal berhasil mengikuti lomba di Tingkat Provinsi Jawa Tengah, setelah anak kelahiran Tegal, 22 September 1998 dari pasangan Aida Witiarso dengan Sri Mulyatiningsih ini berhasil meraih kejuaraan lomba lukis dari tingkat Kecamatan Tegal Timur, tingkat Kota Tegal hingga tingkat Karesidenan Pekalongan. Anak yang sedikit temperamental ini, ternyata memiliki cita-cita ingin menjadi pilot. Dalam setiap even lomba, Nauval selalu memiliki kebiasaan unik. Yakni melukis dengan cara menyendiri sambil lesehan di sudut lantai meskipun panitia telah menyediakan meja dan kursi. “Biar lebih bebas,” ujar Naufal.

Sejumlah prestasi yang pernah diraih yaitu juara I lomba mewarnai Fiesta di Rita Mall. Juara I lomba lukis Cerebrofit di Rita Mall. Juara I lomba lukis Hari Anak Nasional tahun 2006. Juara I Lomba Lukis SD Putra Tingkat Kota Tegal. Juara II Lomba Lukis putra Tingkat Karesidenan Pekalongan.

Juara Harapan I Lukis SD Putra Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Nauval juga sering mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan seni lukis di Kota Tegal dan Pekalongan.(hamikaze)

Tidak ada komentar:

sapaan seksi

sapaan seksi