Selasa, 07 Oktober 2008

Aktivitas Siswa


Pilketosila SMA Al Irsyad Tegal Gaya Pemilu

PEMILIHAN Ketua dan Wakil Ketua OSIS Langsung (Pilketosila) di SMA Al Irsyad Kota Tegal berlangsung Sabtu, (9/8) lalu. Melalui kegiatan itu, akhirnya berhasil menetapkan pasangan siswa kelas XI IPS 5, Royan dengan siswi kelas X, Najwah Farah M sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2008/2009.
Menurut Pembina OSIS, Drs Tri Setiadi, jumlah kandidat terdiri dari tiga pasang calon ketua dan wakil ketua OSIS. Peserta pemilih dalam Pilketosila, selain para siswa dari kelas X sampai XII sebanyak 650 orang, juga para guru dan karyawan yang berjumlah 76 orang serta kepala sekolah juga ikut memberikan hak suaranya. Sehingga kegiatan ini formatnya persis sama dengan pelaksanaan Pemilu yang sebenarnya.
“Kami upayakan selain siswa juga seluruh civitas akademika menyalurkan hak suaranya dalam kegiatan ini. Tujuanya untuk pembelajaran materi demokrasi,” kata Setiadi kepada NP, di sela-sela kegiatan.
Dijelaskannya, proses Pilketosila melalui beberapa tahap. Pertama, dari sebanyak 13 kelas masing-masing diajukan lima orang kandidat. Jumlah keseluruhan kandidat sebanyak 65 anak. Tahap kedua panitia mengadakan seleksi calon ketua dan wakil ketua melalui kegiatan tes tertulis dan wawancara. Materinya meliputi pengertian dan pengalaman berorgaisasi serta pengetahuan umum lainnya. Setelah melalui proses seleksi akhirnya terpilih tiga pasang calon. Langkah selanjutnya diadakan kampanye gambar serta debat antar calon. Pokok materinya seputar visi dan misi, serta program OSIS yang akan dijalankan masing-masing calon.
Sementara panitia selain sibuk mendaftar calon pemilih, pembagian kartu undangan pemilihan, pembuatan kartu suara juga menyediakan logistik lainnya. Seperti meminjam kotak suara dan bilik pencoblosan, serta tinta tanda bukti telah mengikuti pencoblosan. Diakui Setiadi, biasanya kalau ada pemilihan ketua OSIS hanya dilakukan oleh para siswa perwakilan dari setiap kelas. Namun kali ini dilakukan dengan cara pemilihan langsung dari seluruh anggota sekolah. “Dengan demikian untuk biaya kegiatan ini dananya cukup banyak yang semuanya ditanggung oleh OSIS,” papar Setiadi nKZ

PENCOBLOSAN – Para siswa SMA Al Irsyad Tegal menukarkan undangan pemilihan dengan surat suara sebelum melakukan pencoblosan, Sabtu (9/8) lalu qFoto Dok. Humas SMA Al Irsyad

Tidak ada komentar:

sapaan seksi

sapaan seksi