Senin, 22 Desember 2008

Gratisan di SMK Dinamika Tegal

Kegiatan MOPD Secara Gratis

PENYELENGGARAAN Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) di SMK Dinamika Kota Tegal yang dimulai sejak Senin (14/7) hingga Rabu (16/7/08) dilakukan dengan prinsip mudah, murah dan meriah (M3). Sekalipun semua bentuk kegiatan dirancang secara ekonomis, tentu saja tetap diperlukan biaya operasional. Namun peserta didik baru tidak dipungut biaya sepeserpun. Hal itu dikatakan penanggung jawab MOPD, Drs Sukirman, Selasa (15/7) di sela-sela kegiatan yang digelar di sekitar almamater sekolah. “Pada akhir kegiatan MOPD akan digelar pentas seni berupa penampilan kelompok band DMC di bawah komando Pak Kartono. Pengadaan sound system dan instrumennya tentu butuh biaya kan? Namun semua biaya itu ditanggung pihak sekolah,” kata Sukirman.

Dengan kegiatan ini, sebagaimana diharapkan Kepala SMK Dinamika, HR Abas BA, usai acara pembukaan, melalui MOPD dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap almamater sekolah yang akan menjadi arena menuntut ilmu dan melatih keahlian.

Selain itu, peserta didik juga ditekankan pada perkenalan baik kegiatan sekolah, perkenalan dengan warga sekolah dan penjelasan keadaan sekolah. Ada juga materi cara belajar efektif, pendidikan demokrasi siswa, kebersihan lingkungan, wawasan wiyata mandala, tata krama diskusi dan lainnya.

“Kegiatan ini bersifat wajib jadi harus diikuti oleh seluruh peserta didik baru. Setelah mengikuti MOPD berarti anak tersebut dinyatakan berhak menyandang seragam dan badge SMK Dinamika,” tandas Pembina OSIS.

Sedangkan jumlah peserta didik baru tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 400 anak yang terbagi menjadi sepuluh kelas terdiri dari kelas satu Listrik (1L), satu mesin (1M) sebanyak empat kelas, satu otomotif (1O) sebanyak lima kelas.

Pada kegiatan hari ketiga, lanjut Sukirman, selain upacara bendera, ceramah Bursa Kerja Khusus (BKK) dan aktualisasi ekstra kurikuler dan OSIS juga akan digelar seni gembira yang diisi sajian band yang dimainkan oleh para guru dan siswa yang dilanjutkan dengan acara penutupan MOPD.

“Tahun lalu dalam penutupan acara seperti ini kami menggelar pentas wayang, namun karena tahun ini kami sudah punya grup band, maka digealr pentas band,” pungkas Sukirman (ham)

Tidak ada komentar:

sapaan seksi

sapaan seksi